Saturday 13 December 2014

Published Saturday, December 13, 2014 by with 0 comment

Menggapai Prestasi Akademik di Kuliah

Admin akan menyempurnakan dan memindahkan artikel pada blog ini  secara bertahap ke : 


Key Word : Mahasiswa, Prestasi, Kuliah, student exchange, IPK tinggi




Bismillahirahmanirohim
            Prestasi merupakan segala kebaikan yang kita gapai. Setiap orang pasti memiliki prestasinya dalam bidangnya masing-masing, yang paling penting dalam memaknai prestasi adalah menjadikannya sebagai jalan pendekat kita pada Alloh. Jangan sampai dengan menggapai sebuah prestasi menjadikan diri kita sombong yang menjauhkan kita dari Alloh, karena pada hakikatnya prestasi bukanlah buah dari diri kita sendiri saja, tetapi juga adanya kehendak Alloh yang menjadikannya sebagai cobaan bagi hambanya.
            Beberapa  hal yang dapat digapai dalam bidang akademik di perkuliahan adalah mendapatkan IPK yang tinggi, juara olimpiade science, menjadi mahasiswa berprestasi (mawapres), masuk pekan kreatifitas mahasiswa (PKM) dan menjadi student exchange ke luar negeri. Prestasi akademik dalam dunia perkuliahan dapat digapai dengan empat cara yaitu meluruskan niat karena Alloh, berdo’a sebanyak mungkin, berikhtiar sekuat tenaga dan bertawakal dalam urusan hasil.
            IPK tinggi dapat diraih dengan rajin belajar ataupun cerdas belajar. Dengan seringnya mengulang suatu ilmu, maka ilmu itu perlahan demi perlahan akan masuk kedalam ingatan, dan hal inilah yang menjadikan orang yang rajin belajar memiliki potensi besar untuk mendapatkan IPK yang tinggi, karena ilmunya sering diulang-ulang. Langkah lain dalam menggapai IPK tinggi adalah dengan cerdas belajar, cerdas belajar adalah bukan hanya mengandalkan intensitas mengulang pelajaran tetapi juga memiliki strategi dalam belajar.
Saya akan sedikit sharing tentang cara belajar yang menurut saya cukup efektif dan tanpa memerlukan waktu yang banyak untuk menggapai IPK yang tinggi. Setiap awal smester ketika kita memilih matakuliah maka kita lihat siapa dosennya dan kita kumpulkan soal-soal tahun-tahun sebelumnya yang pernah diberikan oleh dosen tersebut pada mahasiswanya. Ketika kita belajar di perkuliahan, maka kita fokuskan pada pembelajaran materi terkait soal-soal yang pernah muncul kemudian kita coba mengerjakan soal-soal itu sendiri. Insyaalloh soal ujuan yang akan keluar memiliki tipe yang hampir sama dengan soal-soal yang pernah keluar.
Mawapres dan olompiade science merupakan suatu ajang kompetisi dalam bidang akademik. Juara olimpiade science dapat diraih dengan cara sering berlating soal dalam bidang keilmuan masing-masing. Sedangkan menjadi mawapres selain memiliki kompetensi yang baik dalam bidang keilmuan juga harus memiliki kompetensi yang baik juga dalam bidang-bidang lain seperti organisi dan kemampuan yang lainnya. Bagi sahabat yang memiliki cita-cita menjadi mawapres, maka persiapkanlah keilmuannya, ikuti dan profesionallah dalam suatu organisasi, perdalamlah kemampuan berbahasa baik Indonesia dan asing, latihlah setiap soft skil yang kita miliki dan mulailah suatu penelitian yang memiliki potensi pemanfaatan yang besar bagi Indonesia.
Pekan kreatifitas mahasiswa merupakan ajang kompetisi dalam berbagai bidang seperti penelitian, wirausaha dan pengabdian kepada masyarakat. Menjadi peserta PKM memiliki benefit tersendiri diantaranya adalah ketika lolos PIMNAS, teman-teman PKM dapat jalan-jalan gratis serta dibekali dengan uang yang cukup besar dari pihak universitas. Yang perlu diasah untuk lolos PKM adalah kemampuan mencari ide yang unik dan pembuatan proposal yang rapih serta menarik.
Student exchange merupakan salah satu prestasi akademik yang patut diusahakan untuk digapai. Dengan menjadi peserta student exchange, selain dapat menimba ilmu di negara yang dikunjungi, sahabat juga dapat jalan-jalan di negara tersebut, melihat secara langsung kebudayaan mereka, tata kota serta segala sesuatunya dengan mata kepala sendiri. Langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan student exchange adalah dengan mempersiapkan kemampuan bahasa, memperkuat bidang keilmuan masing-masing dan sering-sering mencari info mengenai student exchange karena hanya sedikit sekali info mengenai student exchange yang disampaikan dari pihak universitas.
Ketika sahabat telah berdo’a dan berusaha sekuat tenaga tetapi hasil tidak sesuai dengan harapan, maka sesungguhnya rencana Alloh-lah yang akan terjadi dan itu pasti yang terbaik bagi setiap pribadi kita. Alloh pasti menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik, penulis inin sharing sebuah pengalaman, ketika SMA penulis mengikti ujian untuk student axchange ke negara singapura di sekolah, hasil tes adalah penulis menjadi peringkat 3 dari hasil ujiantersebut sedangkan siswa yang akan diberangkatkan adalah 2 orang, saat itu penulis cukup merasa kecewa, tetapi sahabat dibalik itu semua Alloh telah menyiapkan rencana terbaiknya beberapa minggu setelah itu ketika penulis menemui guru bahasa inggris tiba-tiba beliau mengatakan tolong segera membuat passport, daripada kita mengadakan ujuan lagi mending kamu saja yang berangkat untuk student exchange ke jepang. Sungguh rencacana Alloh sangat indah, ketika gagal pada ujian pertama ternyata Alloh menyiapkan sesuatu yang lain yang lebih baik bagi penulis.
Ketika kita telah menggapai suatu prestasi, janganlah kita menyombongkann diri dihadapan Alloh karena prestasi akademik itu merupakan karunia dan ujian dari Alloh. Apakah kita bersyukur ataukah kita akan kufur dan menyombongkan diri, sungguh prestasi akademik bukanlah hasil kemampuan kita tetapi merupakan karunia Alloh saja, kita tidak pernah tahu bagaimana cara kerja otak ini secara detail, Alloh-lah yang mengaturnya, kita tidak mampu menumbuhkan satu helai rambut pun tanpa izinnya, apalagi menciptaka otak dan kecerdasannya.
Sekian yang dapat saya sharingkan pada sahabat pembaca. Semoga menambah wawasan dan memiliki manfaat. Penulis meminta maaf atas kurangnya ilmu dan lebihnya kata-kata. Semoga Alloh senantiasa memberikan prestasi terbaik dihadapannya yaitu ridho-Nya.

            Assalamualaikum
    email this

0 comments:

Post a Comment